Sinopsis drama Korea, film, artis Korea, k-pop, k-movie, dan k-drama

November 14, 2014

Sinopsis 'Secret Door' Episode 16

Sinopsis 'Secret Door' Episode 16

Silakan baca sebelumnya sinopsis 'Secret Door' episode 15.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Kisah Romance – Seperti kita ketahui di bagian akhir episode sebelumnya, utusan Cina murka setelah melihat bahwa ginseng yang diberikan sebagai hadiah dari Joseon kepada pihak Cina sangatlah buruk. Semua ginseng tampak dibelatungi. Hal ini membuat pihak Joseon, yang dipimpin oleh pangeran Sun, terkejut. Hanya Ji Dam yang terlihat mengetahui sesuatu.

Di sisi lain, Kim Taek terlihat tersenyum penuh kemenangan. Ia menertawai kebodohan pangeran. Sebelumnya, Chul Joo memberitahu Kim Taek jika ginseng, yang nantinya akan dipersembahkan sebagai hadiah untuk Cina, memang terlihat bagus. Tapi setelah lima jam, ginseng-ginseng ini akan membusuk dan dibelatungi.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Para utusan Cina menyatakan mereka akan secepatnya kembali ke Cina untuk melaporkan kejadian ini. Mereka menilai apa yang dilakukan Joseon merupakan bentuk perlawanan. Namun, Sun minta diberi kesempatan atas kelalaian yang diciptakannya. Demi menunjukkan kesungguhannya meminta maaf, ia berlutut di hadapan utusan Cina. Hal ini membuat Menteri Min, dayang, kasim, dan pengawal terkejut. Tak pelak mereka ikut berlutut menemani pangerannya.

Melihat kesungguhan Sun, utusan Cina akhirnya melunak. Mereka akan memberikan kesempatan kepada pihak Joseon untuk memperbaiki kesalahan dengan syarat: apa yang diberikan harus bisa menyenangkan pihak Cina. Jika tidak, mereka akan menganggap Joseon melawan. Menteri Min bertanya apa kira-kira yang bisa mereka lakukan? Para utusan Cina meminta mereka untuk mencari tahu sendiri.

Pangeran meminta penegasan apa yang akan dilakukan Cina jika ia bisa mengabulkan permintaan mereka? Apa Cina akan takkan menyerang Joseon? Utusan Cina mengiyakan. Saat utusan Cina meninggalkan tempat pertemuan, salah seorang di antara mereka, entah sengaja entah tidak, menjatuhkan semacam tasbih kayu (atau kalung dari kayu seperti tasbih?). Sun mengernyit melihatnya.

Keberlututan Sun di depan utusan Cina membuat orang-orang istana menggunjingkannya, termasuk para Noron. Mereka tidak habis pikir kenapa pangeran rela berbuat hal yang menghilangkan martabatnya? Kim Taek tersenyum. Ia menebak jika yang dilakukan pangeran, berlutut di depan utusan Cina, akan membuat masalah membesar.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Menteri Min bertanya kepada Chae yang ada di depan ruangan raja. Ia bertanya apa pangeran ada di dalam? Chae mengiyakan. Di dalam Sun dimarahi ayahnya karena telah berlutut di depan utusan Cina. Ayahnya mempertanyakan alasan Sun melakukannya? Sun mengaku melakukannya supaya para utusan Cina ini tidak langsung pergi. Raja Yeongjo tertawa dan bertanya kenapa Sun berpikir seperti itu? Apa yang dilakukan Sun justru merendahkan martabatnya sendiri. Sun mengaku tidak mempedulikan hal itu. Yang ada di pikirannya adalah keselamatan rakyat. Raja bertanya jika benar Sun berhasil membuat Cina tidak menyerang Joseon, tapi setelah rakyat Joseon tahu pangeran berlutut apa yang ada di dalam pikiran mereka? Rakyat pasti berpikir pemimpin mereka tak memiliki wibawa.

Sekeluarnya dari ruang raja, Sun berpapasan dengan Chae di luar. Chae meminta pangeran untuk mencari jalan keluar secepatnya. Sebab jika tidak, situasi makin tidak terkendali. Sun manggut dan pergi meninggalkan Chae.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Ketika berniat kembali ke kediamannya, Sun berpapasan dengan Ji Dam. Ia bertanya apa yang dilakukan Ji Dam di tempatnya. Ji Dam menjelaskan bahwa telah diperintahkan dayang Choi untuk membereskan. Kemudian, ia bertanya apa Sun telah mendapat masalah gara-gara berlutut di depan utusan Cina? Ia menjelaskan mencuri dengar dari para dayang lainnya. Sun tersenyum, dan mengatakan ia baik-baik saja. Ia sendiri mengatakan Ji Dam terlihat kurusan dan memilih tempat untuk duduk di sana.

Ji Dam menyatakan dirinya bingung dengan pangeran yang sekarang. Terlihat berkawan dengan para Noron sambil bersenang-senang di gibang dan bahkan berlutut di depan utusan Cina. Ia menyatakan apa yang dipikirkan putra mahkota berlutut bisa menyelamatkan nyawa rakyatnya? Sun tersenyum dan meyakinkan Ji Dam bahwa dirinya pasti bisa melakukannya.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Kim Tae menemui rekan-rekan Noronnya. Ia akan mengutarakan pikirannya untuk mengganti pewaris takhta kerajaan yang lain.

Chae pergi menemui Sun, tapi dayang Choi menjawab pangeran tidak ada di tempatnya. Ia kemudian meminta Chae untuk menunggu di ruang rahasia saja. Saat itu, mata-mata raja mengintipnya. Kasim melaporkan gerak-gerik Chae kepada Raja Yeongjo, tapi Raja Yeongjo memintanya tenang, karena ia sudah tahu sifat dan sikap Chae. Meskipun, ia meminta Chae untuk mengabdikan diri padanya, tetap saja hati dan pikiran Chae ada pada Sun. Ia menyatakan akan membiarkan Chae membantu pangeran. Biar bagaimana pun, Sun tetap akan gagal.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Saat melakukan pengintaian, Woo Sub mengernyikan dahi, berpikir apa yang dilakukan Kim Taek dengan pergi ke tempat Lee Kyo? Lee Kyo masih termasuk lingkaran keluarga istana, sepertinya masih punya garis keturunan dengan raja sebelum Yeongjo. Sementara itu, di dalam rumah Kim Taek meminta cucunya, Kim Moon, untuk memberi hormat kepada Lee Kyo yang disebutnya sebagai calon raja ke-22 dinasti Joseon yang akan menggeser kedudukan Sun.

Mencurigai tindakan aneh Kim Taek, Woo Sub segera menemui pangeran yang baru saja kembali dari tempat Lee Dal Suk. Woo Sub melaporkan apa yang dilihatnya, sambil bertanya, “Apa yang dilakukan Kim Taek di rumah Lee Kyo?” Sun tersenyum sinis dan menjelaskan jika Kim Taek merasa sudah yakin dirinya akan tersingkirkan dari kursi kepangeranan. Mereka berdua kemudian kembali ke istana.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Ketika masuk ke ruang rahasianya, Sun dan Woo Sub menemukan Chae sudah menunggu di sana. Ia bertanya apa yang pangeran lakukan baru kembali selarut ini? Sun memperlihatkan tasbih orang Kristen kepada Chae, sambil menjelaskan jika tasbih tersebut milik Seung Ki, salah satu dari utusan Cina. Pikiran Sun kemudian menyambung-nyambungkan antara tasbih tersebut dengan negosiasi yang akan dilakukannya. “Empati? Apakah itu jawabannya?” tanya Sun menebak. Chae bertanya apa maksudnya? Sun menjelaskan jika Joseon dan Cina sama-sama membutuhkan informasi. Itulah jawabannya!

Sun mengatakan Kim Taek telah menemui Lee Kyo untuk mencari pewaris takhta pengganti setelah dirinya tergulingkan dari kepangeranan. Jadi, mereka akan memanfaatkan hal itu untuk mengambil langkah kemenangan secara dramatis. Demi memuluskan rencananya, Sun datang ke barak militer untuk berlatih bersama pasukannya.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Para Noron bertanya-tanya apa tujuan pangeran datang ke barak militer? Mereka menduga jika pangeran telah putus asa memikirkan solusi atas pertanyaan dari permintaan utusan Cina. Sehingga berencana untuk menyerang Cina? Woo Sub dipanggil ayahnya untuk bicara jujur apa yang sedang direncanakan pangeran? Woo Sub memberikan dua buah buku karya pangeran Sun tentang seni bela diri modern. Dua buah buku itu merupakan taktik perang, yang akan dipakai Sun untuk mengekspansi Cina.

Ayah Woo Sub menyerahkan dua buku karya pangeran Sun tersebut kepada Kim Taek. Mereka berdua sama-sama yakin pangeran akan melakukan ekspansi militer ke wilayah lain.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Mengambil langkah inisiatif, Kim Taek menemui salah satu utusan Cina untuk memberitahu langkah apa yang akan dilakukan pangeran. Utusan Cina bertanya kenapa Kim Taek memberitahunya soal ini? Kim Taek menilai pangeran telah menghalangi perdamaian antara Joseon dan Cina. Karena itu, ia menginginkan raja Cina memerintahkan komyeong kepada pihak Joseon. Komyeong adalah pemberian izin raja Cina kepada pihak Joseon. Dalam artian, Kim Taek meminta pihak Cina untuk melengserkan pangeran dari kursi kepangeranannya.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Keesokan harinya, Sun menerima kabar jika kedua utusan Cina mendadak minta pertemuan dimajukan. Ketika itu, kedua utusan Cina itu marah besar. Karena mereka mendapat laporan jika Pangeran Sun berencana untuk menaklukkan Cina. Di luar dugaan, Sun mengiyakan. Semua orang yang ada di sana, baik utusan Cina dan pejabat Joseon lainnya, terkejut.

Sementara itu, Kim Taek yang tengah bersama Kim Moon sangat percaya diri pangeran akan tergulingkan dari kursinya. Namun, tiba-tiba Woo Sub muncul di hadapannya bersama beberapa orang pasukan dengan membawa Lee Kyo. Ia menjelaskan bahwa mereka telah membaca langkah taktis yang akan dilakukan Kim Taek. Kakek dan cucu ini terpana mendengarnya.

Di ruang pertemuan, Sun menjelaskan kepada kedua utusan Cina bahwa yang dimaksudnya menaklukkan Cina, bukanlah dalam arti yang sebenarnya. Istilah conquer di sini merujuk pada budaya Cina. Sun memberikan kertas yang bertuliskan salah satu dari surat di dalam alkitab, yang telah disalinnya semalam.

Salah seorang utusan Cina, yang bernama Seung Ki, terkejut melihat Sun memberikan kertas tersebut. Belum hilang perasaan terkejutnya, Seung Ki melihat Sun mengembalikan tasbih miliknya. Sun meminta maaf tidak langsung mengembalikannya, karena berusaha mencari tahu apa itu? Dan menyebutkan jika tasbih itu adalah pastilah milik orang Kristen. Seung Ki tidak menyangka pangeran tahu tentang agamanya. Mereka berdua kemudian saling melempar senyuman.

Namun utusan Cina lainnya masih tidak percaya dengan ucapan Sun. Ia memperlihatkan dua buku seni beladiri modern karangan Sun, yang diyakininya sebagai alat untuk menyerang Cina. Sun menyebutkan jika sebenarnya dua buku itu akan diberikannya kepada raja Cina sebagai hadiah. Ia menjelaskan bahwa sebelumnya kedua buku itu akan dipakainya untuk memperkuat kubu militernya. Tapi melihat kondisi sekarang, Sun menyatakan bahwa sebaiknya buku tersebut dijadikan hadiah saja. Kedua utusan Cina pun paham maksud Sun. Mereka tersenyum. Itulah tanda bahwa kesepakatan telah terjadi.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Kedua utusan Cina ini kemudian menemui Raja Yeongjo dan menyatakan bahwa pihak Cina akan kembali pada kesepakatan awal. Mereka menyatakan jika Raja Yeongjo tentu bangga memiliki putra secakap Sun. Justru sebaliknya, air muka Raja Yeongjo tidak tidak senang – sepertinya ia tidak menduga putranya bisa berhasil 'menaklukkan' Cina.

Salah seorang dari utusan Cina itu kemudian mengatakan bila ada seseorang yang berusaha memfitnah pangeran, bahkan orang itu memberinya hadiah uang yang banyak, yang kemudian dikembalikannya. Raja Yeongjo bertanya siapa orang yang telah berani memfitnah putranya? Utusan Cina ini menjawab ia adalah Kim Taek.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Segera status Kim Taek berubah sebagai tahanan. Ia dipanggil untuk menerima hukumannya di depan persidangan. Karena sudah jelas apa yang menjadi kesalahannya, Raja Yeongjo minta pengawal untuk mengambil pedangnya. Tampaknya kepala Kim Taek melayang hari ini. Namun, Raja Yeongjo memberikan pedang tersebut kepada Sun. Ia minta Sun menghabisi Kim Taek sebagai bentuk pendisiplinan pejabat. Sun menerimanya dan mendekati Kim Taek. Dalam beberapa detik saja, ia membabat Kim Taek. Anehnya, Kim Taek tidak mati. Ia masih duduk di tempatnya.

Rupanya, pangeran tidak memenggal kepalanya, melainkan memutus tali ikatan Kim Taek. Kemudian, pangeran memberikan hukuman pengasingan kepada Kim Taek. Petugas keamanan membawanya pergi. Saat dibawa keluar, Kim Taek berjanji akan memblas perubuatan pangeran. Pangeran mempersilakannya. Ia siap menanti kedatangan Kim Taek kembali.

Sinopsis 'Secret Door' episode 16.
Sinopsis 'Secret Door' episode 16.

Seperginya Kim Taek, Raja Yeongjo mempertanyakan kenapa Sun tidak membunuh Kim Taek? Sun menjawab jika inilah jalan politiknya, yang bertujuan bukan untuk menghabisi lawannya, melainkan menyelamatkannya.

Bersambung ke sinopsis 'Secret Door' episode 17.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sinopsis 'Secret Door' Episode 16

0 komentar:

Post a Comment